WELCOM TOO MY BLOG ™ANGGA PRASETYA™

Jumat, 04 Maret 2011

tata surya


Tata surya kita terdiri dari bintang, planet, komet, asteroid dan benda-benda langit lain yang membentuk satu system. Pusat system tata surya kita adalah matahari. Sejak ditemukannya Pluto pada tahun 1930, para astronom memasukkan Pluto dalam kategori planet dalam tata surya kita.
                Namun dalam konferensi tanggal 24 Agustus 2006 di Cekoslovia, para astronom yang tergabung dalam organisasi astronomi internasional memutuskan bahwa Pluto tidak termasuk pada kategori planet. Orbit Pluto sedikit di bawah orbit neptunus. Ukuran planet Pluto jauh lebih kecil dari delapan planet lainnya. Ukuran planet Pluto bahkan lebih kecil pada bulan.
                Planet-palnet yang terletak antara maahari an sabuk asteroid disebut planet dalam , sedangkan planet yang terletak di luar sabuk asteroid disebut planet luar.  Semua planet dalam bersifat padat dan berbatuan, sedangkan planet luar merupakan bola gas raksasa, bagian intinya mungkin berbentuk padat tetapi permukaannya tidak. Semua planet luar memiliki cincin yang tersusun dari debu dan gas beku.

BY : Angga Prasetya, IX.6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar